5 Apr 2009

Makna Kehidupan Dalam Puisi

Ini adalah sebuah puisi yang saya dapatkan dari seorang teman di kosan. Katanya dia nemu di jalan. Isi puisi ini bisa nambah perenungan kita dalam memaknai arti kehidupan :-). Ayo kita simak...

Realita

Disetiap desah nafas TERIRING HAWA NAFSU. Detik-detik waktu terlewati oleh fantasi-fantasi keji. Setiap ruang terlintasi adalah pemuas birahi, INIKAH KEHIDUPAN ?

Saat banyak yang kehilangan jati diri, eksploitasi menjadi solusi. Semua hal tentang identitas adalah INDUSTRI. TAK ADA TEMPAT UNTUK MENJADI SUCI. Tak ada waktu untuk intropeksi, INIKAH KEHIDUPAN ?

Sudu-sudut aktifitas hanyalah realita, tanpa idealita. Langit-langit rumah DIPENUHI POSTER IDOLA YANG DIPUJA BAGAI BERHALA. TAHTA dan WANITA menjadi SURGA dimana-mana. ANGAN adalah idaman terbaik untuk DIJADIKAN PEGANGAN, INIKAH KEHIDUPAN ?

Pinggiran jalan adalah tempat terindah untuk duduk dan berlari. Majlis-majlis dibuka diantara sepasang manusia “ UNTUK SEBUAH CINTA “ katanya. Untuk semua asa dan bahagia, SURGA tak lagi DILIRIK. Warna NERAKA justru malah kian MENARIK. INIKAH KEHIDUPAN ?

Selalu saja ada kesempatan untuk perhatian dan pelarian. DALAM KERUMUNAN ADA KEMAKSIATAN. DALAM KESUNYIAN BANYAK ANGAN DAN BAYANG-BAYANG. Semua berkata, “inilah zaman” Dimana KEHORMATAN menjadi MAINAN. Kesucian hanyalah bualan ! INIKAH KEHIDUPAN ?

RUANG-RUANG HATI HANYA DIISI OLEH MIMPI, sebaliknya mimpi tak disertai hati lagi. Sanjungan akan ketenaran menjadi impian. Bintang-bintang adalah yang percaya bahwa ia mampu memancar, tanpa tahu apakah ini KEGELAPAN atau CAHAYA YANG BENDERANG. INIKAH KEHIDUPAN ?

Kemanusiaan adalah penghargaan atas naluri. TANPA TAHU ESENSI. Hak asasi adalah JUSTIFIKASI. Demokrasi TOPENG peredam revolusi. Dongeng-dongeng evolusi disana-sini. PERADABAN DIBANGUN OLEH HARAPAN-HARAPAN KEJAYAAN SILAM TANPA MENGERTI HARI INI. INIKAH KEHIDUPAN ?

HEDONIS. Tubuh-tubuh erotis sepanjang jalan hidup. Berusaha menggoda untuk menunaikan kewajiban. MEMENUHI TUNTUTAN NALURI. “fitrah” kata mereka. ARTIS sebagai penjaja budaya paling dinamis. MODIS, selalu optimis menjunjung kapitalis. INIKAH KEHIDUPAN ?

Kebenaran adalah harapan yang hilang. Kenyataan telah menyimpang dari kebenaran. KENNISCAYAAN MENJADI PERDEBATAN. INIKAH KEHIDUPAN ?

Ikatan adalah jeratan paling rentan. Hubungan dibangun tanpa status pernikahan. “harus pacaran” kata mereka. Menyelami pribadi dengan dusta sendiri. INIKAH KEHIDUPAN ?

CINTA adalah RAYUAN ZINA paling mesra. Nafsu pandai menipu dengan klaim ragu.sebuah penghinaaan kepada ibu. MASTURBASI KEGIATAN SEHARI-HARI. Petaka kii akiba dari pesona kemarin. Pendekatan malah semakin menjauhkan. INIKAH KEHIDUPAN ?

Persahabatan menjadi jalan untuk “jadian”. Kesetiaan dijadikan alas an bagi penindasan. TEMAN adalah yang dapat MEMBERI KESENANGAN, tanpa harus MEMBERI PERINGATAN. INIKAH KEHIDUPAN ?


Baca juga catatan ini



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarnya disini.. Bebas berkomentar dan mengeluarkan pendapat asal sopan dan tidak mengandung SARA atau PORNO.

 

Tulisan Terakhir

Komentar Terakhir

Info Site



Google PageRank Checker

Free Domain Name - www.YOU.co.nr!

Followers

Catatan Lixzz Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template