4 Jun 2010

6 Jam 45 Menit di Sekolah Tidak Efektif

Umumnya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah berlangsung selama 6-8jam per hari. Di sekolah saya sendiri pelajaran biasa dimulai pukul 07:00 WIB dan berakhir pukul 13:45 WIB. Jadi waaktu selama 6 jam 45 menit biasa digunakan untuk belajar dan menuntut ilmu di sekolah.

Apakah waktu selama 6 jam 45 menit itu benar-benar sudah memberikan hasil maksimal bagi siswa? Apakah 6 jam 45 menit yang telah "dikorbankan" siswa untuk sekolah sudah memberikan manfaat yang setimpal dengan pengorbanannya?  Kenyataannya tidaklah demikian.

Banyak siswa yang merasa bosan selama KBM berlangsung! Akibatnya sebagian besar diantara mereka tidak memperhatikan pelajaran yang disampaikan. Ada yang sibuk dengan handphonenya, ada yang serius membaca komik/novel, ada yang mengobrol dengan temannya, dan tidak sedikit  yang hampir tertidur saat pelajaran karena serangan kantuk yg dahsyat.

Mengapa bisa seperti itu? Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satunya adalah waktu belajar yang kurang efektif.

Memang, pada Siang hari umumnya kondisi siswa sudah menurun. Suhu udara yang meningkat membuat kondisi belajar mengajar tidak kondusif. Saya yakin, tidak hanya siswa yang merasakan hal ini, guru-guru yang mengajar pun pastinya merasakan hal yang sama. Lalu jika tidak ada manfaat yg bisa diambil, bukankah hanya pemborosan waktu saja? Lalu bagaimana dengan waktu yang telah dikoorbankan siswa? Sia-sia belaka??

Menurut saya, akan lebih baik jika KBM dihentikan saja dan siswa dipulangkan. Biarkan siswa melakukan kegiatan lain yang mungkin jauh lebih bermanfaat. Toh percuma saja mengikuti kegiatan belajar mengajar jika siswa sudah kehilangan minat dan niat belajar. Mengapa harus dipaksakan belajar di sekolah selama 6 jam 45 menit jika apa yang diperoleh tidak jauh berbeda dengan yang hanya belajar selama 5 jam atau bahkan kurang??

Sepengetahuan saya, KBM yang efektif hanya terjadi antara pukul 07:00 sampai pukul 12:00.Bahkan berdasarkan apa yang saya amati di sekolah saya, sebenarnya antara pukul 10:30-12:00 kualitas KBM sudah mulai menurun. Siswa sudah mulai mengantuk! Apalagi jika guru yang memberikan pelajaran tidak bisa membuat suasana belajar menjadi interaktif dan menyenangkan. Itu akan sia-sia, tak ada murid yang memperhatikan!

Oleh karena itu, KBM di sekolah selama 5 jam saya rasa sudah cukup. Dimulai pukul 07:00 dan selesai pukul 12:00. Dengan begitu siswa memiliki sisa waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan kegiatan lainnya. Mungkin untuk istirahat, mengurus organisasi intra sekolah/ektsra, melakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan sekolah, les, dan mengerjakan tugas-tugas sekolah yang  MENUMPUK !

*Tulisan ini hanyalah pendapat pribadi saya mengenai fakta yang terjadi di sekolah saya.


Baca juga catatan ini



6 komentar:

Nahar on 5 Juni 2010 pukul 20.42 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nahar on 5 Juni 2010 pukul 20.47 mengatakan...

interupsi

saya ada usul, sebaiknya KBM dimulai pukul 07.30 dengan pertimbangan jika masuk pukul 07.00 masih ada siswa yang terlambat. dan jam berakhirnya KBM tetap jam 12.00

kemudian yang kedua, sebaiknya hari sabtu diliburkan saja. ini agar siswa tidak terlalu di forsir dengan KBM. karena siswa juga masih terbebani dengan tugas sekolah, dan kegiatan lain selain kegiatan di sekolah.

bagaimana saudara Cholik, apa pendapat saya bisa diterima?

*hahahaha :P

Lixzz on 5 Juni 2010 pukul 23.10 mengatakan...

Wah klo make kata2 interupsi jaddi inget pahlawan tanpa tanda jasa favoritmu deh :))
sebentar saya sambungkan dg Bapak NurCholik terlebih dahulu :)]
jawabannya:
1. wah ide yg cukup bagus itu. Bila waktu untuk menyampaikan seluruh materi memungkinkan, maka usul anda akan diterima.
2. saya setuju jika hari sabtu tidak digunakan untuk KBM, tetapi jgn diliburkan melainkan digunakan untuk kegiatan ekstrakulikuler. bagi yg tidak memiliki kegiatan ekstra diperkenankan untuk tidak brgkt sekolah.

bagaimana bung Nahar ?? jika anda setuju, tolong perintahkan kpd sekertaris untuk segera membuatt suratnya. nanti saya sendiri yg akan memberikan ke pihak sekolah =))

Nahar on 6 Juni 2010 pukul 06.12 mengatakan...

hei hei, itu juga sepertinya favorit anda juga?

1. materi kita sampaikan secara ringkas dan efektif, tidak usah berpanjang lebar. yang penting siswa mudeng gitu aja gampangnya.
2. ide yang lumayan. bisa digunakan untuk bermain futsal ini.

ah tidak usahlah, nanti saya kirimi beliau obligasi saja

Lixzz on 6 Juni 2010 pukul 08.32 mengatakan...

hehehe, guru favorit kita bersama :) !
oke, sebenernya siswa boleh usul ke sekolah ga si?

Nahar on 6 Juni 2010 pukul 11.26 mengatakan...

komentar anda sudah saya balas, cek disini

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarnya disini.. Bebas berkomentar dan mengeluarkan pendapat asal sopan dan tidak mengandung SARA atau PORNO.

 

Tulisan Terakhir

Komentar Terakhir

Info Site



Google PageRank Checker

Free Domain Name - www.YOU.co.nr!

Followers

Catatan Lixzz Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template