9 Jun 2010

Guru Melarang Siswa Mencontek ?? Tidak 100% Benar !

Perbuatan menyontek sangat dekat dengan kehidupan dan keseharian seorang pelajar. Setiap pelajar pasti pernah menyontek. Mulai dari pelajar SD sampai pelajar SMA tak lepas dari yang namanya mencontek. Kegiatan tidak terpuji ini sudah menjadi kebiasaan dikalangan pelajar sehingga telah mendarah daging dan sulit untuk dihilangkan.

Apakah guru-guru disekolah sudah berusaha untuk memberantas kebiasaan mencontek ? ?
Para guru di berbagai sekolah termasuk juga guru di sekolah saya selalu mengimbau kepada anak didiknya supaya tidak menyontek dalam setiap ulangan yang diselenggarakan. Tidak hanya mengimbau, mereka juga berkali-kali melarang siswa-siswinya untuk mencontek bahkan ada beberapa diantara para guru yang memberikan sanksi kepada muridnya yang ketahuan menyontek. Upaya yang bagus tentunya!

Tapi jika memang benar seperti itu, mengapa masih banyak juga siswa yang menyontek? Mengapa juga masih sering ditemukan siswa-siswi yang membicarakan strategi contek-menyontek yg baru saja digunakan seusai ujian? Mereka seakan tak pernah jera dengan perbuatan yang dinamakan mencontek ini.

Fakta dari pengalaman saya selama menjalani Ulangan Harian (UH) Ujian Kenaikan Kelas (UKK)
Kalau saya amati, imbauan dan larangan dari guru kepada muridnya agar tidak mencontek tidak 100% benar. Mereka para guru tidak benar-benar berupaya untuk memberantas contek-mencontek. Mereka hanya berbicara tanpa ada tindakan (meskipun tidak semua guru seperti itu).

Berdasarkan pengalaman saya pibadi sewaktu UH dan UKK, pengawas menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan siswa menyontek. Bila pengawasnya tegas, tajam dan berani bertindak, maka siswa akan berpikir dua kali untuk menyontek. Kemungkinan siswa untuk menyontek pun menjadi sangat kecil. Dan akhirnya tidak akan ada yg berani menyontek. Lain halnya dengan pengawas yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik, yakni mengawasi siswa. Itu jelas memberikan kesempatan pada siswa untuk melancarkan aksinya. Dan guru yg seperti itulah yg keliatannya melarang tapi pada hakikatnya membolehkan.

Jadi kalau memang menyontek itu dilarang dan ingin diberantas, seharusnya guru-guru di sekolah melakkukan koreksi terhadap diri mereka sendiri. Sekali lagi jika memang mencontek 100% dilarang dan ingin diberantas! Jangan hanya menasehati dan mengimbau tapi tak ada aksi nyata !

Apakah seorang guru pantas disebut sebagai pengawas ujian jika ia hanya sibuk dengan kegiatannya sendiri? Sibuk ngobrol lah, sibuk ngoreksi lah, sibuk baca buku, koran majalah, sibuk nelpon, dan sibuk-sibuk yang lain.  Mana kesungguhanmu memberantas "kejahatan" wahai bapak dan ibu guru, para pahlawan tanpa tanda jasa yg memiliki misi mendidik generasi muda untuk kemajuan bangsa?? Kapan mau majunya kalo budaya "curang" masih melekat di dunia pendidikan? Pantesan banyak orang-orang yang lulus dari lembaga pendidikan ternama, eh kelakuannya bejat, curang curang curang, KORUPSI! 

Ooo, mungkin menyontek itu emang boleh kali ya?? Nyontek itu engga curang kali, orang nyontek cuman hal kecil ini??

*Sekedar sharing apa yang ada di pikiranku


Baca juga catatan ini



5 komentar:

HF♥ on 10 Juni 2010 pukul 16.23 mengatakan...

nice post :) jadi malu ukk mtk gue nyontek :(

Lixzz on 10 Juni 2010 pukul 16.36 mengatakan...

@haneey : namanya terdesak si wajar aja. seorang remaja gitu, masih labil berada dalam tekanan. salah siapa dibiarin nyontek sama gurunya??
tapi 100% tetep lebih baik klo ga nyontek han.. sok banget ya gw :))

Audio Rifai on 12 Juni 2010 pukul 02.01 mengatakan...

kebiasan yg susah untuk dihilangkan...

AMM on 13 Juni 2010 pukul 14.23 mengatakan...

hahahhahahahha :))


iya bener banget tuh kata2

"pengawas menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan siswa menyontek"

nice posting lik ! :D

Lixzz on 13 Juni 2010 pukul 19.32 mengatakan...

@da2nkkuswata : bener, gara2 dah ketergantungan ya jadi susah deh dihilangkan
@mentari : hahahah, coba pengawasnya galak2, pasti lu ga berani nyontek kan? wkwwk =))

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarnya disini.. Bebas berkomentar dan mengeluarkan pendapat asal sopan dan tidak mengandung SARA atau PORNO.

 

Tulisan Terakhir

Komentar Terakhir

Info Site



Google PageRank Checker

Free Domain Name - www.YOU.co.nr!

Followers

Catatan Lixzz Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template